Dengan dimulainya zaman teknologi seperti saat ini,
dalam urusan sehari-hari tak luput dari yang namanya teknologi, baik teknologi
di bidang kesehatan sampai ke sekolah pun sudah tercium yang namanya teknologi.
Saat ini teknologi sudah berkembang pesat, kali ini saya akan bahas
perkembangan teknologi di bidang komputer grafis dan pengolahan citra.
Dewasa ini komputer grafis menjadi sesuatu yang amat
di perlukan, contohnya saja di dunia gaming, di dunia perfilman, grafis sangat
diutamakan, bayangkan saja jika kita menonton film dengan kualitas grafis yang
buruk apa yang kita rasakan, tentunya tidak enak kan ??, ada rasa tidak puas
dalam diri kita, sedangkan jika kita menonton film dengan kualitas grafis yang
baik maka kita akan merasakan dan mendapatkan kepuasan tersendiri dalam
menonton film itu, begitu pula dengan bermain game, lebih enak main game 3D
atau 2D ??, pastinya lebih memilih 3D kan ?, karena 3D sudah lebih baik efect
grafis yang dimunculkan.
Sekarang ini komputer grafis dan pengolahan citra
tidak hanya digunakan di bidang teknik informasi saja, tetapi sudah banyak
digunakan dalam teknik perancangan, arsitektur, design grafis dll. Softwarenya
pun banyak beredar dari yang digunakan untuk pemula dan untuk yang profesional,
dan harganya beragam, dari yang mahal sampai yang murah bahkan ada yang gratis,
dan banyak pula yang berbayar dibuat menjadi free atau gratis, dengan cara
mencari cracknya, tapi hal seperti ini tidak baik dan dilarang oleh negara
kita. Sudah dulu deh pendahuluannya kayaknya panjang banget, oke langsung aja
kita ke pembahasan mengenai komputer grafis dan pengolahan citra dan bidang
yang mengaplkasikannya.
Grafik Komputer :suatu proses pembuatan, penyimpanan
dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti
fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.Istilah ”Grafik
Komputer”ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model
cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh
manusia 3 Dimensi. Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek
serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.
Grafis Komputer adalah grafis yang dibuat dengan
menggunakan komputer lebih umumnya adalah representasi piktorial dan manipulasi
data dengan komputer. Perkembangan komputer grafis telah membuat komputer lebih
mudah untuk berinteraksi dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan berbagai
jenis data. Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang mendalam pada
banyak jenis media dan telah merevolusi permainan video animasi dan industri.
Istilah komputer grafis mencakup hampir semua yang
ada di komputer yang bukan merupakan teks atau suara. Hari ini hampir semua
komputer menggunakan beberapa grafis dan pengguna mengharapkan untuk
mengendalikan komputer mereka melalui ikon dan gambar, bukan hanya dengan
mengetik.
Istilah Computer Graphics memiliki beberapa arti,
seperti representasi dan manipulasi data piktorial oleh komputer dari berbagai
teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi data gambar-gambar
tersebut, gambar yang dihasilkan, dan sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari
metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual, lihat studi
komputer grafis lebih lanjut. Grafik komputer dan gambar yang dihasilkan
komputer menyentuh banyak aspek kehidupan sehari-hari kita. Citra komputer
dapat ditemukan di televisi, di koran, laporan cuaca, dan masih banyak lagi.
Komputer grafis yang dibangun dengan baik dapat menyajikan grafik statistik
kompleks dalam bentuk yang lebih mudah untuk memahami dan menafsirkannya.
Seperti grafik yang digunakan untuk menggambarkan surat-surat, laporan, tesis,
dan bahan presentasi.
- Awal
tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek
fisik.
- 1961:
Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan
menggunakan
teknologi Grafik Komputer. - 1963
: ditermukan Sutherland (MIT), Sketchpad (manipulasi langsung, CAD), Alat
untuk menampilkan Calligraphic (vector), Mouse oleh Douglas Englebert
- 1968
: ditemukan Evans & Sutherland.
- 1969
: Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
- 1970:
Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.
- 1971:
ditemukan Gouraud Shading,
- 1972:
ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan
animasi komputer.
- 1974:
Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek,
Hunger:Keyframe animation and morphing
- 1976:
Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.
- 1977:
Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
- 1979:
Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death
Star.
- Pertengahan
tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai
main-stream aplikasi realtime.
- 1982:
Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel.
- 1984:
Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The
Last Star Fighter.
- 1986:
Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai
nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
- 1989:
Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
- 1995:
Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film3D animasi
panjang
pertama - Akhir
tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu
pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering,
path tracing, photon maps, dll.
- Tahun
2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic
rendering.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar