KOMPUTER GRAFIK CHAPTER 01 PERKEMBANGAN KOMPUTER GRAFIK


 

Dengan dimulainya zaman teknologi seperti saat ini, dalam urusan sehari-hari tak luput dari yang namanya teknologi, baik teknologi di bidang kesehatan sampai ke sekolah pun sudah tercium yang namanya teknologi. Saat ini teknologi sudah berkembang pesat, kali ini saya akan bahas perkembangan teknologi di bidang komputer grafis dan pengolahan citra.

 

Dewasa ini komputer grafis menjadi sesuatu yang amat di perlukan, contohnya saja di dunia gaming, di dunia perfilman, grafis sangat diutamakan, bayangkan saja jika kita menonton film dengan kualitas grafis yang buruk apa yang kita rasakan, tentunya tidak enak kan ??, ada rasa tidak puas dalam diri kita, sedangkan jika kita menonton film dengan kualitas grafis yang baik maka kita akan merasakan dan mendapatkan kepuasan tersendiri dalam menonton film itu, begitu pula dengan bermain game, lebih enak main game 3D atau 2D ??, pastinya lebih memilih 3D kan ?, karena 3D sudah lebih baik efect grafis yang dimunculkan.

 

Sekarang ini komputer grafis dan pengolahan citra tidak hanya digunakan di bidang teknik informasi saja, tetapi sudah banyak digunakan dalam teknik perancangan, arsitektur, design grafis dll. Softwarenya pun banyak beredar dari yang digunakan untuk pemula dan untuk yang profesional, dan harganya beragam, dari yang mahal sampai yang murah bahkan ada yang gratis, dan banyak pula yang berbayar dibuat menjadi free atau gratis, dengan cara mencari cracknya, tapi hal seperti ini tidak baik dan dilarang oleh negara kita. Sudah dulu deh pendahuluannya kayaknya panjang banget, oke langsung aja kita ke pembahasan mengenai komputer grafis dan pengolahan citra dan bidang yang mengaplkasikannya.

Grafik Komputer :suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.Istilah ”Grafik Komputer”ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi. Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.

Grafis Komputer adalah grafis yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih umumnya adalah representasi piktorial dan manipulasi data dengan komputer. Perkembangan komputer grafis telah membuat komputer lebih mudah untuk berinteraksi dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan berbagai jenis data. Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang mendalam pada banyak jenis media dan telah merevolusi permainan video animasi dan industri.

Istilah komputer grafis mencakup hampir semua yang ada di komputer yang bukan merupakan teks atau suara. Hari ini hampir semua komputer menggunakan beberapa grafis dan pengguna mengharapkan untuk mengendalikan komputer mereka melalui ikon dan gambar, bukan hanya dengan mengetik.

Istilah Computer Graphics memiliki beberapa arti, seperti representasi dan manipulasi data piktorial oleh komputer dari berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi data gambar-gambar tersebut, gambar yang dihasilkan, dan sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual, lihat studi komputer grafis lebih lanjut. Grafik komputer dan gambar yang dihasilkan komputer menyentuh banyak aspek kehidupan sehari-hari kita. Citra komputer dapat ditemukan di televisi, di koran, laporan cuaca, dan masih banyak lagi. Komputer grafis yang dibangun dengan baik dapat menyajikan grafik statistik kompleks dalam bentuk yang lebih mudah untuk memahami dan menafsirkannya. Seperti grafik yang digunakan untuk menggambarkan surat-surat, laporan, tesis, dan bahan presentasi.

  • Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
  • 1961: Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan 
    teknologi Grafik Komputer.
  • 1963 : ditermukan Sutherland (MIT), Sketchpad (manipulasi langsung, CAD), Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector), Mouse oleh Douglas Englebert
  • 1968 : ditemukan Evans & Sutherland.
  • 1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
  • 1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.
  • 1971: ditemukan Gouraud Shading,
  • 1972: ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer.
  • 1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing
  • 1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.
  • 1977: Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
  • 1979: Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.
  • Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.
  • 1982: Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel.
  • 1984: Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.
  • 1986: Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
  • 1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
  • 1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film3D animasi panjang
    pertama
  • Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
  • Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar