Resume Perkembangan Komputer Grafik


 Perkembangan Komputer Grafik

Komputer Grafik merupakan ilmu komputer yang berkaitan dengan visual secara digital. Bentuk sederhana dari Komputer Grafik ada yang berupa 2D yang kemudian berkembang menjadi 3D, image processing, dan pattern recognition. Di bawah ini merupakan bagian dari Komputer Grafik yang perlu kita ketahui:

1.     Geometri, mempelajari cara menggambar permukaan bidang

2.     Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi animasi

3.     Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya

4.     Imaging, mempelajari cara pengambilan dan penyunting gambar

Sejarah dan Perkembangan Komputer Grafik

Perkembangan Komputer Grafik di bagi menjadi empat fase, yaitu:

1.     Fase Pertama, tahun 50an

Merupakan era Komputer Grafik interaktif. Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan. Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain itu pada periode yang sama alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat.

2.     Fase kedua, dekade 60an

Pada fase ini Komputer Grafik interaktif moderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.

3.     Fase ketiga, dekade 70an

Pada fase ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya Komputer Grafik interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.

4.     Fase keempat, dekade 80an

Pada masa ini Komputer Grafik sudah berkembang sangat pesat. penelitian fase ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.

 

Perkembangan Komputer Grafik menjadi hal yang sangat menunjang kehidupan manusia saat ini, banyak sekali bidang-bidang yang bergantung atau terbantu dengan adanya perkembangan  komputer Grafik, antara lain:

·       Antar Muka Pengguna  (Graphic User Interface-GUI)

·       Perta (Cartogrphy)

·       Kesehatan

·       Perancangan objek (Computer Aided Design)

·       Sistem Multimedia

·       Presentasi Grafik

·       Presentasi Saintifik

·       Pemrosesan Citra

·       Simulasi

Format Gambar Pada Komputer Grafik

·       Gambar Vektor

Gambar vektor adalah gambar yang menggunakan poligon untuk membuat gambar pada komputer grafis. Lokasi-lokasi pada vektor dinamakan control points atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang pasti berdasarkan sumbu X dan Y dari bidang kerja dan menentukan arah jalan. Setiap alur pada vektor bisa ditambahkan atribut, termasuk ketebalan garis, bentuk, kurva, warna garis, dan warna isi. Contoh format gambar vektor adalah SVG.

·       Gambar Bitmap

Gambar bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media lainnya. Contoh format gambar bitmap yang sering dijumpai adalah GIFJPEG, BMP dan PNG.

Dampak Perkembangan Komputer Grafik Terhadap Manusia

·       Mempermudah untuk melakukan penjelasan terhadap sebuah konsep atau produk dalam bentuk visual, seperti presentasi menggunakan PowerPoint, mempromosikan sebuah produk dalam bentuk brosur, dll.

·       Terdapat juga hiburan secara visual yang bervariatif, seperti film, foto, dll.

·       Membantu banyak pekerjaan manusia secara visual, misalnya dalam desain arsitektur sebuah rumah, pentunjuk jalan seperti peta, dll.

·       Perkembangan Komputer Grafik yang terkadang disalah gunakan oleh manusia.

·       Sebagian orang yang selalu bergantung dengan adanya Komputer Grafik.

·       Untuk pembuatan dan penggunaan Komputer Grafik bisa terbilang memerlukan biaya yang cukup mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar